Tuesday, August 25, 2020

Ciri Khas Dari Burung Kuntul Alias Bangau

bukupediaburung - Bangau merupakan sebutan untuk burung dari keluarga Ciconiidae. Jenis burung ini memiliki postur tubuh yang besar, berkaki panjang, berleher panjang namun lebih pendek dari burung Kuntul, dan mempunyai paruh yang besar, kuat dan tebal. Hampir seluruh sayapnya berwarna putih dan memiliki ekor hitam yang panjang. Sementara bagian paruh dan kaki panjangnya berwarna merah.

Ciri Khas Dari Burung Kuntul Alias Bangau







Bangau tidak memiliki organ suara syrinx sehingga tidak bersuara. Paruh yang diadu dengan pasangannya merupakan cara berkomunikasi menggantikan suara panggilan. Bangau merupakan burung pantai migran, terbang jauh dengan cara melayang memanfaatkan arus udara panas sehingga dapat menghemat tenaga.

Ciri Burung Bangau

Bangau merupakan burung yang berat dengan rentang sayap yang lebar. Spesies Leptoptilos crumeniferus dari Afrika mempunyai rantang sayap 3,2 meter, sehingga dijuluki sebagai “burung darat dengan rentang sayap terpanjang di dunia” bersaingan dengan burung Kondor.

Badan yang berukuran besar, bersifat monogami, dan kesetiaan pada tempat bersarang menjadikan burung Bangau sering dijadikan simbol pembawa kebahagiaan di dalam banyak kebudayaan dan mitologi. Meskipun di cap sebagai burung setia, bangau juga dapat berganti pasangan apabila setelah atau berimigrasi tanpa di temani pasangannya.

Ketika burung ini terbang, mereka akan menjulurkan kepalanya ke depan dan mendorong bagian kakinya ke belakang. Aerodinamis merupakan gaya burung bangau pada saat terbang, dengan gaya inilah menjadikan mereka terbang lebih cepat karena membelah angin.

Burung bangau termasuk jenis burung yang unik, contoh kecil ketika ia membuat sarang atau rumah, maka akan di gunakan selama beberapa tahun, berbeda dengan burung alam lainnya. Untuk ukuran sarang burung bangau sendiri mencapai 2 meter dan kedalamannya kurang lebih samai 3 meter.

Burung bangau termasuk burung yang rentan terhadap musim dingin, jadi burung ini berpindah-pindah ke daerah lain dengan suhu udara yang hangat. Dengan hadirnya burung bangau, orang orang juga akan menerima kabar gembira jika musim panas akan segera datang.

Untuk mengenali burung ini tidaklah sulit, sebab banyak sekali ciri yang mudah di hafali. Contoh kecil, burung ini suka berdiri dengan satu kaki saja, sementara kaki yang satunya di istirahatkan.

Adapun tujuan bangau berdiri dengan kaki satu yakni dapat memudahkan terbang pada saat bahaya mengahmpirinya. Selain itu berdiri satu kaki di ketika mencari makanan di air juga untuk mengelabuhi binatang predator atau pemangasa. Sebetulnya banyak pendapat, mengapa burung bangau berdiri hanya menggunakan satu kaki saja. Sebut saja, untuk menyesuaikan diri terhadap temperatur tempat dia berdiri.

Habitat Burung Bangau

Bangau merupakan salah satu species burung yang rentan akan cuaca dingin, jadi ketika musim dingin tiba burung bangau akan berimigrasi ke tempat yang hangat seperti Eropa hingga ke Afrika Utara dan dari Turki hingga ke Jepang.

Sebelum musim dingin tiba, burung bangau bermigrasi ke wilayah tropis seperti afrika dan india. Uniknya di sini, burung bangau bisa tahu jika belahan bumi selatan lebih hangat kala waktu itu.

Yang menjubkan lagi, setalah 6 bulan lamanya dan musim semi tiba, burung bangau kembali pulang dan dapat menemukan kembali sarang yang buat sekaligus di tempati kembali.

Burung bangau yang mempunyai kaki ramping, berati menandakan jiak burung tersebut tidak suka perjalanan dengan melintasi lautan luas.

Burung bangau sangat suka melintasi lautan yang dekat dengan daratan. Ini bertujuan ketiak kelelahan dalam perjalan bisa beristirahat dan mencari makanan. Adapun laut yang dekat daratan seperti Laut Bhosporus, Selat Gibraltar dan Terusan Suez.

Pembuatan Sarang Bangau

Bangau bisa di katakan sebagai burung yang pemberani, sebab ia tidak takut dengan manusia. Kondisi ini berbeda dengan jenis burung pada umumnya yang takut dengan kehadiran manusia.

Dalam pembuatan sarang, burung bangau biasanya membuatnya di atas gedung, cerobong asap, dan pohon. Adapun bahan yang di gunakan untuk membuat sarang adalah ranting-ranting pohon.

Burung bangau adalah burung yang suka perindah secara bersama dengan kawan-kawannya atau pasangannya. Contoh kecil, ketika mereka sampai di eropa, burung ini biasanya menghabiskan waktu untuk beberapa saat. Selama minggu pertama di bulan april, biasanya bangau jantan akan membuat sarang untuk tempat tinggal.